interiorqu

4 Bahan Material Yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Merancang Furniture Rumah

Interiorqu.id – Untuk menciptakan desain interior rumah yang menarik serta elegan tidak selalu diharapkan biaya mahal. Menerapkan prinsip desain interior tempat tinggal  minimalis, kalian bisa memanfaatkan material-material murah yang bisa disulap sebagai interior rumah yang tampak indah untuk ditampilkan.

Material menjadi hal yg sangat krusial dalam perancangan bangunan, baik eksterior ataupun interior. Dalam perancangan, material bisa turut dan berperan penting pada menampilkan keunikan dan kreativitas serta kualitas dari bangunan yg dibuat tersebut. Karena sebab itu, pada pemilihan material harus sesuai pertimbangan yg kontekstual. dalam perancangan, material finishing yg dipergunakan di interior sangat penting selain material eksterior.

Material ialah bahan yg diperlukan untuk mewujudkan rupa asal setiap unsur ataupun elemen pada perancangan arsitektur dan interior. Setiap jenis material yang digunakan dapat memberikan kesan motif, tekstur, rona, refleksi, dan berbeda. Pada pada dasarnya, material digunakan buat mewujudkan aspek kekuatan, fungsionalitas dan mewujudkan estetika yg dimaksud si perancang ketika merancang bangunan tersebut sesuai jenis bahan material yang dipergunakan.

Setiap jenis material yang digunakan mempunyai kelebihan serta kekurangan yang tidak sama sehingga tujuan yang akan dicapai oleh perancang akan menentukan jenis material apa yg akan dipilih. namun, pada proses pemilihan material yang akan dipergunakan harus dipertimbangkan dari berbagai macam aspek yg dapat mempengaruhi hasil dari penggunaan material tersebut, seperti pertimbangan aspek pencahayaan, refleksi, serta warna material yg bisa menentukan hasil visual penggunaan material secara keseluruhan.

Menciptakan interior rumah tak hanya menuntut biaya tetapi pula kreativitas. Tanpa biaya yang mahal sekalipun, kalian bisa memiliki interior rumah indah dengan menggunakan 4 material yg mampu merubah tampilan interior rumah secara menyeluruh. Apa saja material untuk tersebut? Simak di artikel ini!

1. Material Plywood Blokmin

Blockboard ialah balok-balok kayu berukuran 4-5 cm yang di press menggunakan mesin serta diberi pelapis, dan yang akan terjadi akhirnya berupa papan kayu. Balok-balok kayu yang dipergunakan umumnya adalah kayu lunak.

Blockboard pula memilki unsur yg melapisi pada permukaan sebagai memiliki permukaan yang cenderung halus. (lebih mirip seperti papan tulis putih). Proses pemadatan tersebut dihasilkan menggunakan mesin press.

Material Blockmin

blockboard sendiri sering diaplikasikan guna dijadikan barang furniture seperti salah satunya lemari. tidak heran Bila harga lemari mampu ditekan lebih terjangkau karena termasuk jenis bahan yang ekonomis. Sedangkan kata Blokmil/Blokmin atau Blockboard Melamin yaitu Blockboard yg di lapisi oleh Finishing Melamin.

Kelebihan

  1. Harga yang lebih ekonomis
  2. Lapisan yang lebih Halus karena di beri lapisan Veneer atau Melaminto
  3. Tampilan yang lebih Elegan

Kekurangan

  1. Mudah Retak dengan Lem khusus
  2. Lebih mudah Lapuk Bila penggunaan pada area Outdoor
  3. tidak tahan terhadap air

2. Material Plywood Trimin

Istilah Trimin atau Triplek melamin juga biasa disebut dengan decorative plywood. Pengertian triplek melamin artinya jenis triplek atau plywood yang memakai material polyester serta melamin.

Hasil akhirnya mengkilapkan karena memang melamin dikenal untuk mempercantik kayu. Ukuran ketebalan jenis triplek ini merupakan dua mm, 3 mm, serta 9 mm.

material Trimin

Ukurannya yg bervariasi, dari yang kecil, sedang, dan  besar  ini membuat material ini lebih multifungsi. Triplek jenis ini cocok untuk banyak sekali furnitur tempat tinggal, seperti laci, lemari, kitchen set.

Kelebihan

  1. Multifungsi
  2. Pemasangannya yg simpel
  3. Permukaannya Halus
  4. Mudah di Bersihkan
  5. Tidak mudah Lapuk
  6. Banyak Variasi warna
  7. Harga Terjangkau

Kekurangan

  1. Mudah Retak
  2. Usia Penggunaannya hanya sampai ± 10 Tahun
  3. Perawatan Rutin supaya Awet

3. Material MDF HMR

MDF atau Medium-density fibreboard juga berkembang serta berinovasi sehingga menghasilkan beberapa peningkatan kualitas yang signifikan, salah satunya artinya MDF HMR ( High Moisture Resistant ) atau biasa dikenal pula dengan nama MDF Hijau tahan air.

MDF adalah kayu sintesis yg banyak diterapkan untuk material furniture serta interior. MDF terbuat dari serat kayu yang direkatkan serta di press menggunakan suhu serta tekanan yang tinggi.

Material MDF

MDF anti air ini umumnya diberi warna hijau sehingga user lebih banyak mengenal MDF anti air sebagai MDF Hijau. MDF anti air ini menggunakan resin khusus yang mampu mengcover material MDF sebagai hasilnya lebih waterproof.

MDF hijau dijual dengan harga lebih tinggi dibanding MDF biasa. berukuran standar 120cm x 240cm dengan varian harga mengikuti ketebal MDF yaitu 3mm, 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 18mm dan  20mm.

Penggunaan MDF terus meningkat dari tahun ketahun, peningkatan konsumsi MDF ini dikarenakan pemanfaatannya yg serbaguna, terutama untuk bermacam keperluan interior. MDF lebih fleksibel daripada dibandingkan kayu lapis dan  papan partikel lainya, sehingga MDF pada masa mendatang akan bisa menggantikan ke 2 jenis material tersebut.

Kelebihan

  1. bagian atas lebih halus dan homogen
  2. fleksibel serta praktis buat ditekuk buat dijadikan alternatif rangka furniture
  3. harga lebih mahal dibandingkan particle board tetapi lebih murah daripada plywood
  4. ukurannya presisi
  5. kekuatannya lebih tinggi dibandingkan particle board
  6. simpel buat di Finishing nya

Kekurangan

  1. berat material lebih besar dibandingkan particle board & plywood
  2. Oleh WHO bahwa MDF mengandung bahan kimia (karsinogen) yang bisa mengakibatkan kanker di manusia.

4. Material PVC Board

di zaman sekarang material bangunan kian beragam. Salah satunya inovasi material bangunan yang belum banyak diketahui masyarakat yaitu PVC board. Material ini terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), hampir mirip dengan jenis bahan pembuatan pipa PVC. Hanya saja bentuk dari PVC board berupa lembaran. biasanya material ini dipergunakan untuk material pengganti multiplek.

berbeda dengan jenis multiplek atau plywood lainnya, material PVC lebih ramah lingkungan serta mempunyai berat yang ringan sehingga mudah dipindahkan, selain itu beratnya yang ringan dapat memudahkan dalam proses instalasinya.

Material PVC

PVC board diproduksi menggunakan mesin ekstrusi melalui proses foam. Pada proses produksinya tidak menggunakan bahan-bahan beracun seperti asbes, formalin, kadmium, serta timbal. sehingga tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Baik bagi pekerja yang melaksanakan proses produksi maupun orang yg memakai material ini ketika melakukan instalasi. mempunyai bobot yg ringan dan  tampilan elegan sangat cocok dipergunakan untuk membentuk interior tempat tinggal menjadi lebih indah.

Material yang terbuat dari bahan PVC tentunya akan tahan terhadap air, tidak mudah lapuk, serta mempunyai bobot yang ringan. Material jenis PVC juga mudah dalam proses pengerjaannya. Meskipun bahan PVC mempunyai bobot yg ringan karakteristiknya kuat dan kaku sehingga tidak akan mudah retak atau pecah ketika terjadi benturan serta goresan ringan.

Tidak hanya itu kelebihan material ini juga dapat meredam panas serta suara dan tahan terhadap perubahan cuaca. PVC board juga safety karena bebas dari bahan-bahan beracun serta bahan logam. Selain itu juga tidak mudah terbakar serta menimbulkan kobaran api ataupun lelehan residu.

Kelebihan

  1. Bobot yang lebih Ringan
  2. Memiliki Tampilan yg Elegan
  3. Kokoh
  4. Tidak mudah Lapuk
  5. Tidak mudah Retak
  6. Tahan Panas dan tidak mudah Terbakar
  7. Bebas dari Bahan Beracun dan Bahan Logam

Kekurangan

  1. Untuk Harga Terbilang lebih Mahal
  2. Sulit di daur Ulang
  3. Perlu penanganan spesifik waktu Produksi dan Instalasi agar Hasilnya Rapi

Berikut telah di uraikan beberapa Kelebihan serta Kekurangan Bahan Material untuk Furniture rumah anda, jadi kalian ingin menggunakan bahan material apa yang cocok dengan kebutuhan tempat tinggal  anda ?

Nah, untuk kalian yang lagi mencari Jasa Desain Interior, cek di laman web Interiorqu.id. Jadi solusi hunian Indah dan Nyaman kalian bisa Wujudkan bersama Interiorqu.id.

Leave a Comment

Artikel Lainnya
Keuntungan Memakai Jasa Desain Interior di Mungkid

Interiorqu.id – Memelihara ruang tempat tinggal anda bukanlah perkara yang sederhana, dibutuhkan perencanaan yang amat terukur, lantaran apabila sembarang dalam merumuskan konsep interior bagi hunian